CONTOH TEKS MC DALAM SEBUAH ACARA

Dalam setiap kegiatan tentunya acara merupakan hal yang dominan dalam menentukan baik, buruk, berkwalitas atau tidaknya kegiatan tersebut. Penentu kebijakan acara berada pada seseorang yang lebih dikenal dengan sebutan MC (Master of Ceremony). Dengan kehadirannya maka rundown acara akan lebih efektif  efesien dan tertata dengan baik. 

Dalam postingan ini, penulis mencoba menyuguhkan contoh teks panduan MC dalam sebuah acara kegiatan. Pada edisi ini khusus MC dalam kegiatan pembiasaan Binwa Imtaq yang biasa dilaksanakan oleh SMPN 2 Sukaluyu tempat penulis ikut berpartisipasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. 

Berikut contoh teks panduan MC selengkapnya. 

Assalamu'alaikum Wr. Wb. 

الحمد لله الذى امرنا بالجماعة  ونهانا بالمفارقة والصلاة والسلام على سيدنا محمد ابن عبد الله وعلى اله وصحبه ومن تبعهم باحسان الى يوم القيامة (امابعد

Alhamdulillah alladzi amarona bil Jama'ah WWa nahaanaa bil mafariqah, wassholatu wassalaamu ala sayyidina muhammad ibni 'Abdillah, wa'alaa Alihi wasohbihi waman tabi'ahum bi ihsaanin ila yaumil qiyamah. (Amma Ba'du) 

Segala puji milik Allah Robbul I'zzati, dzat yang maha suci, Tuhan yang selalu disembah diwaktu siang, malam hingga pagi. 

Shalawat beserta salam semoga tercurahkan atas  sosok yang mampu membawa umatnya dari masa jahiliyah ke masa yang penuh dengan hidayah, sosok yang membebaskan umatnya dari ketelantaran menjadi kebenaran, manusia pilihan Rosulullah Muhammad SAW., juga kepada keluarga, sahabat hingga ummatnya sampai akhir zaman. 

Bapak/Ibu Kepala Sekolah yang saya hormati
Bapak/Ibu pendidik dan tenaga kependidikan, yang saya hormati.
Dan tak lupa Teman-teman seperjuangan yang sedang beriktiar menjadi seorang intelektual, yang saya hormati.

Alhamdulillah pada kesempatan pagi hari ini, kita dapat bertatap muka, berkumpul di Majlis mulia ini dalam rangka melaksanakan kegiatan pembiasaan pagi setiap hari Jum'at, semoga aktivitas kita senantiasa ada dalam lindungan dan rahmat Allah SWT. Aamin. 

Sebelumnya, perkenankan pada kesempatan pagi hari ini (tanggal....bulan....tahun....) saya selaku MC akan menyampaikan susunan acara yang akan kita laksanakan bersama. 

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan Kalam Ilahi beserta saritilawah
  3. Pembacaan Do'a awal Majlis
  4. Gema Asmaul Husna 
  5. Penyampaian Tausiyah
  6. Pembacaan Do'a Kafarotul Majlis
Hadirin yang dirahmati Allah. 

HP rusak jangan dipukul
Nanti  bisa jadi mati
Karena semua sudah berkumpul
Maka acara akan segera dimulai 


Acara pertama yaitu Pembukaan. Dalam upaya efesiensi waktu, marilah kita buka acara ini dengan bersama-sama membacakan Basmallah
(semua audien membaca Bismillahi Rahmaani Arrahiim). Dengan harapan semoga acara ini berjalan lancar hingga selesai. 

Acara kedua yaitu Pembacaan Kalam Ilahi yang akan dibacakan oleh saudara.........(sebutkan nama qorinya) dan saritilawah oleh saudara....... (disebutkan namanya) kepadanya, disilakan. 

Shodaqollah Al'Adhim Wa shodaqo rosuluhul karim, demikianlah pembacaan kalam Ilahi, semoga dapat menambah keberkahan dan pelajaran, terkhusus bagi Qori'/Qori'ah dan kita selaku Mustami'in. Amiin. 

Acara ketiga yaitu pembacaan do'a awal Majlis, yang akan dibacakan oleh sdr.............. (Sebutkan  namanya) kepadanya, disilakan.

Ucapan terima kasih kepada sdr....... yang telah memimpin pembacaan do'a. Semoga awal kegiatan ini ditumbuhi rahmat dan karunia Allah SWT. Aamiin. 

Acara keempat yaitu Gema Asma'ul Husna. Marilah kita awali pembacaan Asmaul Husna  ini secara berjama'ah dengan menggunakan variasi nagmah versi Qitada. 

Terasa sejuk hati ini, setelahnya kita bersama membacakan Asmaul Husna, Mudah-mudahan keberkahan Allah turunkan bagi kita semua. Aamiin. 

Acara kelima yaitu Penyampaian Tausiyah yang akan disampaikan oleh sdr................... (Sebutkan namanya). Kepada sdr..... Disilakan. 

Terimakasih teruntuk muballigh/muballighah yang telah memberikan secerca harapan kebaikan dan peringatan kepada kami, semoga apa yang telah disampaikannya menjadi motivasi dan evaluasi bagi kami dalam mengarungi bahtera kehidupan dunia yang pana ini. 

Acara keenam, yaitu pembacaan do'a Kafarotul Majlis yang akan dipimpin oleh sdr................... (Sebutkan namanya). Kepadanya disilakan. 

Hadirin, Bapak/Ibu dan Teman-teman seperjuangan yang saya hormati. 

Demikianlah rangkaian acara pada kesempatan  pagi hari ini, sebagai pemandu acara  saya haturkan ucapan terima kasih atas perhatian dan keikutsertaannya pada kegiatan ini. Semoga apa yang telah kita lakukan dijadikan amal kebaikan yang diterima disisi Allah Swt. Mohon maaf atas segala kekurangan dan kealfaan. 

Kalau ada kaca yang pecah
Jangan disimpan di dalam peti
Jika ada kata yang salah 
Jangan disimpan di dalam hati

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Teks di atas merupakan salah satu contoh yang mungkin dapat dijadikan alternatif rujukan oleh para pembaca dalam memimpin acara sebuah kegiatan. Mengenai susunan acara tentunya disesuaikan dengan kegiatan yang sedang berlangsung saat itu. 

Demikian, semoga bermanfaat. 

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CONTOH TEKS MC DALAM SEBUAH ACARA "

Posting Komentar