SELAYANG PANDANG SMPN 2 SUKALUYU

 


Sekolah merupakan salah satu tempat berperadaban yang berupaya menghasilkan calon-calon generasi yang terdidik, terampil berwawasan luas dan berakhlakul karimah. Hal ini sejalan dengan tujuan Pendidikan nasional yaitu untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya.
Dalam mewujudkannya perlu sinergitas antara seluruh civitas akademika yang ada. SMPN 2 Sukaluyu adalah salah satu diantara ratusan bahkan ribuan Sekolah yang ikut andil menjadi bagian dalam berkontribusi dan merealisasikan hal tersebut.

Sejarah Singkat
Pendirian SMPN 2 Sukaluyu, dimotivasi dari kebutuhan masyarakat wilayah sekitar terhadap keberadaan sekolah jenjang menengah yang waktu itu cukup jauh jangkauannya terhadap sekolah yang sudah ada yaitu SMPN 1 Ciranjang dan SMPN 1 Sukaluyu. 
Melalui inisiasi beberapa tokoh masyarakat serta dukungan pemerintah Desa Hegarmanah, bahkan pemerintah kecamatan Ciranjang melalui bapak Dadang Supianto selaku Camat Ciranjang waktu itu, dengan semangat implementasi tujuan pendidikan nasional, maka dibuatlah usulan kepada Dinas Pendidikan untuk didirikannya Sekolah Menengah Pertama di wilayah ini.
Tepat pada tahun 1991 berkenaan dengan tahun pelajaran 1991/1992 secara legal berdirilah sebuah sekolah jenjang menengah dengan nama SMPN 2 Ciranjang yang kemudian pada tahun 1998 sesuai kebijakan pemerintah perihal pemekaran wilayah berubahlah menjadi SLTPN 2 Sukaluyu. Disebut Sukaluyu disandarkan pada wilayah kecamatan dan angka 2 diambil dari urutan kedua SMPN yang ada di kecamatan Sukaluyu. Melalui kerja keras dan pendekatan panitia Penerimaan Siswa baru terhadap masyarakat sekitar, maka hadirlah sekitar 120 siswa sebagai siswa baru angkatan perdana tahun pelajaran 1991/1992 dibawah pimpinan Ibu Dra. Juariah sebagai Kepala Sekolah.
 
Walaupun pembelajaran sudah dimulai Pada tahun 1991, tetapi secara formil peresmian dilakukan pada tahun 1992 oleh Bapak Fuad Hasan selaku Menteri Pendidikan dan kebudayaan. Peresmian ini membawa motivasi tersendiri bagi seluruh civitas akademika SMPN 2 Sukaluyu (asalnya SMPN 2 Ciranjang) dalam mengelola dan mengembangkan lembaga pendidikan ini. Hal ini terbukti dengan semakin meningkatnya jumlah peserta didik dari tahun ke tahun juga kepedulian dan perhatian masyarakat sekitar dalam menitipkan putra putrinya di Sekolah ini.

Lokasi Sekolah
Dilihat dari segi  geografis lokasi ini tidak tersentuh langsung oleh jalur angkutan umum sehingga aksesnya hanya bisa dilalui dengan jalan kaki, kendaraan pribadi atau angkutan umum yang sudah di Carter terlebih dahulu. Namun demikian, lokasi ini sangat dekat dan berjarak kurang lebih 500 meter dari rute utama jalan provinsi. Dan juga berada di wilayah yang dikelilingi Sekolah Dasar sebagai penopang terhadap keberlangsungan pembelajaran di Sekolah ini. Beralamat di Kp. Tegalteri Rt. 001/006 Desa Hegarmanah Kecamatan Sukaluyu dan berdiri di area tanah milik pemerintah Desa Hegarmanah seluas 10.000 m².

Kepala Sekolah
Keberadaan Sekolah ini tentunya tidak luput dari teamwork dan figur pimpinan atau Kepala Sekolah selaku motivator. Kepiawaiannya dalam memegang kontruksi dan kendali akan mampu menghantarkan lembaga/Sekolah menjadi Sekolah rujukan. Berikut ini nama-nama kepala SMPN 2 Sukaluyu dari masa ke masa :
  • Dra. Juariah tahun 1991-1992
  • Drs. Agus Maelani tahun 1992-1993
  • Drs. H. Jaenudin tahun 1993-1996
  • Drs. Sudarja tahun 1996- 2000
  • Drs. Abu Bakar tahun 2000-2004
  • Drs. H. Jaenudin tahun 2005-2008
  • Drs. Dede S. Hayat, M.Pd tahun 2008-2009
  • Drs. Usep Ahmad Fatsani tahun 2009-2011
  • Drs. Epo Kurnia tahun 2011-2014
  • Drs. Babas Sugilar, M. MPd tahun 2015-2017
  • Emod, S. Pd tahun 2017-2020
  • Drs. Asep Taufik, M. MPd tahun 2020-2022
  • Erlina Rosinta, M.Pd, M.MPd tahun 2022-sekarang.
Demikian ulasan singkat mengenai selayang pandang SMPN 2 Sukaluyu. Semoga bermanfaat. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SELAYANG PANDANG SMPN 2 SUKALUYU"

Posting Komentar