Pademik membawa Berkah

 

Pandemik yang melanda dunia mulai tahun 2020 sangat terasa dan dirasakan oleh berbagai lapisan masyarakat di Indonesia khususnya, tidak hanya kalangan menengah ke bawah tetapi juga terdampak bagi kalangan atas. Bukan hanya sektor ekonomi akan tetapi lini pendidikan juga sangat terdampak terutama akses pembelajaran yang berubah drastis dengan metode online atau Luring. 

Para pendidik yang masih gaptek tentunya menjadi panik karena keterbatasan penguasaan IT, disisi lain tuntutan pembelajaran berbasis online yang mengharuskan  penggunaan IT. Tidak sedikit yang berkeluh kesah tentang hal itu, tetapi banyak juga yang berupaya bangkit dengan meningkatkan kompetensi melalui kegiatan workshop, webinar dan pelatihan online guna mencapai target pengelolaan kelas online yang terarah dan terukur sehingga capaian output yang signifikan. Ini mungkin setitik gambaran umum yang terjadi dikalangan para pendidik termasuk yang penulis rasakan dan amati. 

Ditengah situasi dan kondisi seperti itu, ada hal yang menarik dan inspiratif penulis temukan. Ya... sosok pendidik asal Pacitan pengampu mata pelajaran IPA di SMPN 2 Sukaluyu yang bernama lengkap Imam Khoiri, S. Pd mampu beradaptasi dan menunjukkan kompetensinya dalam menciptakan situasi pandemik menjadi lebih terarah dengan menghasilkan karya. Karya yang benar-benar nyata karena terbukti dapat diambil manfaatnya oleh banyak orang sampai saat ini  dan karya yang benar-benar inspiratif karena mampu memberikan motivasi dan inspirasi bagi yang lainnya khusus rekan-rekan seprofesinya. 

Pandemik membawa berkah itulah yang penulis sematkan untuk sosok inspiratif  yang akrab dipanggil Abah ini. Beliau mampu menghantarkan dirinya menjadi seorang youtuber walaupun bermodalkan perlengkapan seadanya. Tetapi keyakinan dan kesungguhan mampu mewujudkan impiannya. 

Rabu, 25 Januari 2023 bertempat di ruang guru di sela-sela waktu luang setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas, penulis berbincang santai dengan beliau terkait perjalanan dan kiat-kiat menjadi seorang youtuber. Penasaran.... yuk kita simak tips yang beliau sampaikan. 

  • Lihat potensi dan kesempatan. 

Ide awal membuat chanel youtube, terinspirasi dari tuntutan untuk membuat video pembelajaran sebagai bahan referensi siswa dalam memahami materi pelajaran yang disajikan secara online. Awal pembelajaran selalu upload materi dari chanel youtube milik orang lain, setelah beberapa kali share, selalu ada kendala bahwa yang di download dan di upload kadang kurang bahkan tidak sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan. Beliau mengungkapkan pernyataan "Jika orang lain bisa, pasti saya juga bisa"

Bercermin dari kenyataan itu, maka bismillah saya akan menyisihkan sebagian waktu saya untuk menggeluti dan terjun dalam dunia youtube kata Abah sapaan akrab beliau. Sejak itulah disela-sela kesibukan beliau mengajar selalu update membuat konten-konten untuk menghiasi chanelnya. 

  • Niat baik dan tekad yang kuat
Niat baik dan tekad yang kuat  merupakan bagian dari modal dasar dalam merealisasikan berbagai keinginan yang ingin diraih, hal ini tentunya sejalan dengan tuntunan agama bahwa segala sesuatu (amal) tergantung daripada niat. 
Beliau mengatakan Niat saya membuat chanel youtube ingin mengembangkan konsep "khoirunnas anfa'uhum lintas" Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya. Paling tidak dari konten yang saya buat melalui chanel Biomaniac ini insyaallah dapat menjadi inspirasi, dakwah bahkan hiburan bagi penonton yang sengaja singgah dan menonton chanel saya. 
  • Jangan pernah menyerah
Setiap ada keinginan tentu banyak sekali tantangan dan rintangannya yang jika mental kita lemah kemungkinan besar akan menghapus asa yang didambakan. Pengalaman menarik juga disuguhkan oleh beliau ketika chanelnya yang sudah di monetisasi dengan estimasi pendapatan terus meningkat, eh.... tiba tiba notifikasi emailnya menghantarkan pemberitahuan yang menggalaukan. Kenapa? karena pihak pengelola youtube memberikan hukuman dalam bentuk pemberhentian monetisasi, dengan indikasi ada konten-konten yang menyalahi prosedur kebijakan youtube. Kejadian ini tentunya membikin saya galau timpal sang youtuber  bahkan sempat pesimis untuk mengembangkan kontennya, sebab proses banding dalam upaya pembelaan sudah tiga kali terus ditolak. Tapi dengan modal prinsip pantang menyerah, alhamdulillah kesempatan monetisasi kembali didapatkan dan chanel Biomaniac mampu mempertahankan kiprahnya sampai saat ini. 
  • Upayakan membuat konten secara kontinyu
Hal utama yang sering terjadi bagi para youtuber pemula adalah tidak konsisten dalam membuat atau mengupload konten. Hal ini tentu akan menjadi pertanda buruk dengan  ditinggalkannya para penonton yang sudah memberikan like juga subcribe. Sebab kehadiran mereka yang akan menjadikan chanel kita terus berkembang. Makanya beliau menuturkan, sesibuk apapun saya selalu menyempatkan untuk membuat konten, walaupun hanya berupa short video. 

Itulah sepenggal OPSI (Obrolan Penuh InspiraSI). Semoga suguhan sederhana ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi kita dalam menjadikan hidup dan kehidupan yang lebih baik dan terarah. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pademik membawa Berkah"

Posting Komentar